Cara Memutihkan Gigi



Gigi adalah organ penting yang berguna untuk merobek atau mengunyah makanan. Gigi juga sangat erat kaitannya dengan penampilan kita. Saat kita senyum, tertawa atau berbicara maka gigi kita akan selalu terlihat.
Memiliki gigi yang sehat dan kuat adalah impian kita semua. Tetapi kebiasaan-kebiasaan buruk kita akan membuat gigi kita bermasalah.
Masalah pada gigi yang sering kita jumpai adalah Gigi kuning. Gigi yang kuning dan tampak berwarna pudar disebabkan banyak faktor terutama masalah gaya hidup tidak sehat. Tentunya masalah warna gigi ini cukup banyak mempengaruhi anda seperti berkurangnya rasa percaya diri dan penempilan yang kurang menarik.
Saat ini  ada cara mudah dan praktis untuk memutihkan gigi yaitu dengan menggunakan pemutih gigi. Namun, bagi sebagian orang, mereka tidak merasa cocok untuk menggunakan produk pemutih gigi. Mereka sering merasa sakit ketika menggunakannya. Daripada memaksakan penggunaan pemutih, beralihlah ke cara-cara tradisional untuk memutihkan gigi seperti:

1. Memakan Buah dan Sayuran yang Renyah
Buah dan sayuran yang renyah seperti apel, pir dan wortel bekerja seperti sikat gigi alami dan pemutih gigi. Saat kita mengunyah gigi buah dan sayuran renyah tersebut maka Gigi akan bergesekan dengannya dan bisa untuk mengangkat noda dan membersihkan gigi secara maksimal tanpa merusak enemel gigi. Maka dari itu makanlah buah dan sayuran setelah Anda makan besar.

2. Siwak
Siwak atau miswak adalah dahan atau akar pohon yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Semua dahan atau akar pohon apa saja boleh digunakan untuk bersiwak jika memenuhi persyaratannya, yaitu lembut, bisa membersihkan dan bersifat basah serta berserat akan tetapi seratnya tersebut tidak berjatuhan ketika digunakan untuk bersiwak sehingga bisa mengotori mulut.

3. Pasta Lemon dan garam
Buatlah pasta yang terbuat dari beberapa tetes jus lemon yang di campur dengan sedikit garam dapur. Gunakan ketika anda mengosok gigi secara teratur. Pasta lemon ini dapat menghilangkan karat pada permukaan gigi. 

4. Kulit Jeruk
Kulit jeruk mengandung unsur pemutih yang sangat lembut, yang akan membantu menghilangkan noda karat pada gigi tanpa membahayakan lapisan email gigi. Caranya, gosokan kulit jeruk bagian dalam ke gigi anda, tapi gunakan kulit jeruk yang masih segar.

5. Biji Pinang
Ternyata bijih pinang juga sangat bagus digunakan untuk meutihkan gigi, tapi dalam penggunaanya ada caranya tersendiri. Jika anda ingin mencoba silahkan lakukan seperti di bawah ini:
Ambillah sebuah pinang, kemudian bakar bijinya hingga seperti arang.
Setelah itu haluskan arang tadi sampai lembut.
Gosokkan ke gigi dengan sabut pinang atau kain katun.
Lakukan secara rutin 2 minggu sekali, agar gigi tetap putih bersih.

6. Daun Salam
Caranya ambil 6 lembar daun salam lalu jemur sampai kering, lalu remas hingga menjadi bubuk. Tambahkan kulit jeruk bubuk. Cara menggunakannya cukup gosokan campuran daun salam dengan kulit jeruk tersebut setiap hari agar hasil lebih maksimal.

7. Strawberry
Strawberry bisa membantu menghilangkan noda karat pada gigi dan membuatnya menjadi putih cemerlang. Kandungan asam malat dalam strrawberry berkhasiat untuk mengubah warna gigi menjadi lebih putih. Seorang dokter gigi di New York menjelaskan bahwa strrawberry merupakan cara murah untuk mencerahkan senyum Anda. Namun, jangan gunakan terlalu sering, kandungan asam dapat merusak enamel gigi. Cara memutihkan gigi dengan strawberry, tumbuk satu stroberi matang dan gosokkan pada gigi. Diamkan selama lima sampai 10 menit. Kemudian sikatlah gigi dengan pasta gigi.

8. Arang Kayu
Arang kayu juga sangat ampuh untuk membersihkan noda kuning pada gigi, namun bahan ini berbahaya karena dapat merusak email secara permanen dan menimbulkan rasa sakit pada gigi. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak mencobanya.

9. Keju
Keju dan produk susu lainnya seperti yoghurt dan susu mengandung kalsium yang dapat memutihkan dan menguatkan gigi. Jadi makan keju setelah makan besar sangat baik untuk gigi.

10. Baking Soda
Baking soda dapat menghapus semua noda dari karpet, bathtub, pakaian, begitu juga gigi anda. Dengan menambahkan sedikit baking soda pada sikat gigi anda dapat membuat senyum anda lebih putih dalam beberapa pekan.
Baking soda membantu menghilangkan noda di permukaan gigi yang kasar. Sifat kimianya juga bereaksi dengan noda sehingga mengangkat kotoran dari dalam dentin gigi anda.

11. Mengunyah Permen karet
Mengunyah permen karet juga bisa menjadi kebiasaan yang dapat membuat gigi kita menjadi putih. Akan tetapi tidak sembarangan permen karet, hanya beberapa jenis permen karet yang didalamnya mengandung Xylitol.

12. Menggunakan pasta gigi khusus
Setiap mengosok gigi, gunakanlah pasta gigi yang khusus untuk memutihkan gigi. Banyak pilihan tergantung selera anda.

Semua cara-cara memutihkan gigi diatas, haruslah didukung dengan:
1. Rajin Menggosok Gigi
Menggosk gigi adalah satu cara untuk menjaga kebersihan gigi dari sisa-sisa makanan yang kita makan. Gosok gigi sesudah sarapan dan sebelum tidur sangat berperan penting dalam membuat gigi kita bersih dan putih, karena kita akan membersihkan zat-zat perusak gigi yang menempel digigi saat kita makan.

2. Rajin ke dokter gigi
Salah satu cara jika kita sudah terlanjur memiliki gigi kuning adalah pergi ke dokter gigi agar diberikan perawatan pada gigi kita. Perlu diketahui bahwa beda orang, kadang memeiliki sifat Gigi yang berbeda, sehingga biar Ahli gigi yang akan menuntaskan masalah kita.

3. Sering Berkumur
Berkumur setelah makan atau jika perlu gosok gigi setelah makan dapat membantu kita dari gigi kuning karena ada beberapa zat yang terkandung dalam makanan yang bisa saja tersisa di gigi kita dan menyebabkan gigi kuning. Tapi jika kita rajin berkumur setelah makan, maka sisa2 makanan yang berbahaya untuk gigi bisa kita minimalisir. Selain setelah makan, biasakan berkumur dengan air putih setelah meminum
  minuman berwarna, kopi, teh, dan minuman bersoda.

4. Berhenti Merokok
Seperti yang kita ketahui, merokok adalah kebiasaan yang sangat buruk yang merugikan kesehatan kita. Kandungan zat dalam rokok dapat menyebabkan gigi kita kuning, jadi jika ingin memiliki warna gigi yang putih, maka kita harus berhenti merokok.

5 .Hindari Alkohol
Alkohol adalah zat yang sangat berbahaya. Zat ini bisa membuat bau mulut dan masalah kesehatan lainnya salah satunya kesehatan gigi. Alkohol memiliki sifat merusak gigi jika dikonsumsi secara terus menerus.

6. Memakai sedotan saat minum
Saat meminum minuman berwarna, kopi, teh, dan minuman bersoda. Dengan demikian minuman tidak mengenai gigi secara langsung.
Sekian tips memutihkan gigi dari saya, jika ada kesalahan saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cara Memutihkan Gigi ini dipublish oleh Unknown pada hari Sabtu, 17 Agustus 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cara Memutihkan Gigi
 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.