Tips agar tidur anda nyenyak





Tidur merupakan aktivitas mendiamkan tubuh dan pikiran kita dalam beberapa waktu. Sebagaimana kita ketahui, sebelum kita tidur, banyak sekali aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran kita tanpa henti. Tidur juga dapat menenangkan kondisi jiwa dan pikiran yang sedang dilanda stress. Untuk itulah kita harus menjaga kualitas tidur kita agar selalu baik. Ini ditandai dengan lebih nyenyaknya tidur kita setiap hari.

Ada peribahasa yang mengatakan bahwa kasur mewah bisa dibeli, tapi tidak unuk tidur nya. Memang benar sekali, kasur yang mewah tidak akan menjamin kita bisa tidur, apalagi tidur dengan nyenyak. Biasanya, ‘penyakit’ ini lebih sering disebut sebagai gangguan tidur/insomnia.

Kekurangan tidur atau tidak bisa tidur tentu saja berbahaya bagi tubuh. Tidur bukanlah suatu kewajiban, tapi suatu keharusan. Pada anak-anak, tidur adalah saat dimana hormon pertumbuhan bekerja. Sedangkan pada orang dewasa, tidur adalah saat dimana tubuh memulihkan kondisi, membuang racun dan menyegarkan tubuh.
Bisa dibayangkan kalau tidak bisa tidur, berbagai macam penyakit akan dengan mudah hinggap di tubuh kita. Salah satu penyakit yang paling gampang ‘nyangkut’ adalah penyakit galau alias stres. Ya, kalau selalu mengalami kesulitan tidur tiap hari, kita pasti akan stres (disadari atau tidak).
Berbagai cara bisa kita lakukan agar tidur kita lebih nyenyak. Sehingga aktivitas yang akan kita lakukan saat terbangun bisa lebih optimal dan berjalan lancar. Tips kesehatan, kali ini akan membahas tips agar tidur kita lebih nyenyak. Berikut ini tips agar tidur kita lebih nyenyak :
1.     Anda harus menetapkan waktu tidur dan bangun yang tepat. Jadi jika anda tidur pada jam yang sudah anda tentukan, anda harus sudah pergi ketempat tidur. Lakukan ini setiap hari. Begitu juga dengan ketika anda bangun, anda harus juga menetapkan bangun pada waktu yang sudah anda tentukan dan lakukan ini setiap hari.
2.     Anda sebaiknya tidak makan sebelum beranjak tidur dan minum berlebihan ketika beranjak tidur. Ini juga akan menganggu kualitas tidur nyenyak anda. Usahakan jangan minum kopi, merokok atau meminum minuman beralkohol menjelang tidur. Karena hal itu pula yang menganggu kenyamanan tidur anda.
3.     Membuat kondisi kamar anda lebih nyaman untuk tidur. Ini dapat dilakukan dengan mendengarkan musik yang beralunan lembut maupun menggunakan lampu kamar yang redup juga dapat membantu membuat kualitas tidur anda lebih nyenyak. Usahakan mematikan tv sebelum berangkat tidur. Agar tidak menganggu tidur anda di larut malam dengan kondisi tv yang masih menyala.
4.     Usahakan tempat tidur yang anda gunakan dapat membuat anda sangat nyaman. Dalam hal ini jangan terlalu sempit sehingga anda sulit bergerak dikasur atau tempat tidur yang anda tempati. Ruangan yang panas akan mengganggu tidur. Lebih disarankan di ruangan yang dingin dengan selimut di tubuh sebagai penghangat. Gunakan penutup mata jika ada cahaya yang mengganggu. Atau bila perlu gunakan penutup telinga jika di sekitar kita ada keramaian. Bagi yang takut dengan kegelapan, penutup mata sangat disarankan daripada membiarkan lampu menyala semalaman.
5.     Jika ingin kualitas tidur malam anda lebih nyenyak. Maka anda harus membatasi tidur siang anda. Dalam hal ini jangan sampai tidur siang anda terlalu lama. Usahakan tidur siang selama 10-30 menit saja. Hal ini untuk menjaga kualitas tidur malam anda lebih nyenyak. Tidurlah hanya saat kita merasa ngantuk. Jangan mengisi waktu kosong di siang hari dengan tidur, karena selain akan mengganggu jam tidur kita, tidur disaat tidak ngantuk juga akan membuat kita terbangun di kala malam hari.
6.      Usahakan mengolahraga tubuh anda setiap hari. Ini bisa dilakukan di waktu pagi hari dengan olahraga pagi. Hal ini dapat membantu membuat kualitas tidur anda lebih terasa nyenyak.
7.      Jika anda memiliki banyak tugas untuk esok hari atau memiliki banyak masalah esok harinya. Ada baiknya anda mencatatnya dalam buku yang berisi tentang tugas yang akan anda lakukan esok harinya atau berisi tentang segala solusi tentang berbagai masalah anda. Ini juga dapat membantu kualitas tidur anda lebih baik dan nyenyak.
8.     Lakukan sesuatu yang membosankan. Jika kita sudah berbaring di atas ranjang dan tidak bisa tidur selama kurang lebih 20 menit, bangun dan lakukan sesuatu yang membosankan. Biasanya yang sering kita baca di komik ialah menghitung domba yang melompati pagar. Tapi tidak harus begitu haha.. Coba duduk dengan tenang di kegelapan atau baca buku garansi handphone/televisi. Namun, jangan menyalakan lampu. Tubuh kita dirancang untuk bangun jika kondisi sekitar terang benderang.
9.     Berhenti beraktivitas setidaknya 4 jam sebelum tidur. Berolahraga sangat dianjurkan untuk membantu kita tidur nyenyak. Tapi lakukan itu hanya di pagi / sore hari. Biasakan tubuh untuk beristirahat dan berhenti bekerja sebelum jam tidur itu tiba.
10. Ritual sebelum tidur. Beritahu tubuh kita bahwa ini sudah waktunya untuk tidur. Caranya bisa bermacam-macam seperti misalnya mendengarkan musik relaksasi, atau membaca buku kesenangan selama sekitar 15 menit, minum teh yang tidak mengandung kafein atau minum susu hangat.
11. Ngemil sebelum tidur. Kelaparan atau kekenyangan bisa mengganggu saat tidur. Perangsang tidur alami (tryptophan) biasa terdapat pada produk minuman susu. Itulah kenapa minum segelas susu hangat sebelum tidur biasanya sangat disarankan. Oh ya, setelah makan, darah akan mengalir lebih banyak ke lambung secara otomatis. Berkurangnya darah di otak membuat kita merasa mengantuk. Ini juga yang menjadi alasan kenapa kita sering mengantuk sesaat setelah makan.
12. Mandi air hangat 90 menit sebelum jam tidur. Mandi sebelum tidur akan membuat tubuh menjadi hangat. Setelah mandi, suhu tubuh akan menurun dan membuat kita mengantuk.
13. Jam sinar matahari sebagai jam biologis tubuh. Segera setelah bangun, pergi keluar dan biarkan sinar matahari menghampiri tubuh sekurang-kurangnya 15 menit. Ini berguna untuk memberitahu tubuh bahwa sudah saatnya bangun. Dan akan menjadi kebiasaan biologis tubuh dengan sendirinya.
14. Gunakan ranjang hanya untuk tidur. Hindari bekerja di atas kasur, menonton televisi atau membaca buku sekalipun. Jadi jika kita tidur di kasur, tubuh akan mengetahui bahwa ini waktunya tidur. Tentu saja seks adalah pengecualian.
Demikian tips yang dapat saya berikan. Perlu diingat bahwa tidur bukanlah soal kuantitas, seberapa banyak jam tidur, tapi kualitasnya yang perlu diperhatikan. Yang paling baik adalah tidur di malam hari dan bangun di pagi hari dengan estimasi normal 6-8 jam per hari. Semoga tidur anda nyenyak.

Penulis : yoga herdyana ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tips agar tidur anda nyenyak ini dipublish oleh yoga herdyana pada hari Senin, 19 Agustus 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tips agar tidur anda nyenyak
 
Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.